REKTOR UIN SU MEDAN ME-LAUNCHING 10 FILM DOKUMENTER KARYA MAHASISWA PRODI SI FST UIN SU MEDAN

Ahamdulillah, sesuai rencana acara Launching dan Pemutaran Film Dokumenter Produksi Mahasiswa Prodi Sistem Informasi FST UIN SU Medan telah terlaksana dengan baik pada Kamis, 15 Juni 2017 bertempat di Aula FST UIN SU Medan, Gedung H.Anif Lantai-3. Kegiatan ini terselenggara dengan ketua panitia acara adalah Ricky Suwanda bersama tim IMPROSI (Ikatan Mahasiswa Prodi Sistem Informasi) bekerjasama dengan Pengelola Prodi Sistem Informasi FST UIN SU Medan. Peserta yang hadir lebih dari 150 orang berasal dari mahasiswa dan dosen UIN SU Medan, mahasiswa UMSU, AMIK MBP dan UISU. Semua peserta yang hadir tidak dikenakan biaya apapun alias Gratis, akan tetapi terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran dan konfirmasi kehadiran secara online.

Dalam kesempatan sambutannya Bapak Surya Adi Sahfutra, M.Hum yang merupakan dosen pembimbing mahasiswa menceritakan bagaimana beratnya yang dialami oleh mahasiwa sehingga 10 film dokumenter terbaik ini dapat terselesaikan tepat waktunya. Beliau menjelaskan bahwa pada awalnya kegiatan ini adalah merupakan projek penelitian dalam format film dokumenter yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa Prodi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sumatera Utara Medan sebagai tugas akhir mata kuliah Sejarah Peradaban Islam. Dalam prosesnya mereka melakukan berbagai kegiatan wawancara, survey dan shooting langsung ke lokasi tempat film dibuat, berbagai hambatan dan tantangan dialami oleh masing-masing tim, sehingga akhirnya telah membuahkan karya yang luar biasa. Atas ide dan rekomendasi dari Ketua Prodi Sistem Informasi Bapak M. Irwan Padli Nasution, ST, MM, M.Kom, sangat diperlukan memberikan suatu apresiasi kepada karya-karya mahasiswa tersebut, sehingga dengan demikian acara ini dapat dilaksanakan.

Pada kata sambutannya Ketua Prodi Sistem Informasi FST UIN SU Medan, menyampaikan rasa bangganya atas karya mahasiswa Prodi SI FST UIN SU Medan. Film ini merupakan karya mahasiwa akan tetapi hasilnya sudah sangat baik. Beliau juga mengucapkan terima kasih yang luar biasa kepada dosen pembimbing yang dengan rela membimbing mereka semua tanpa pamrih apapun.

Dekan FST UIN SU Medan, Bapak Dr.H.M. Jamil, MA dalam sambutannya sangat mengharapkan 10 Film Dokumenter Sejarah Peradaban Islam ini dapat di-edit menjadi lebih baik untuk kemudian akan dihadiahkan kepada stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI) Medan. Tentunya film dokumenter ini akan memberikan kontribusi bagi masyarakat luas.

Tepat pukul 10.10 WIB, yang ditungu-tunggu akhirnya datang. Rektor UIN Sumatera Utara Medan, Bapak Prof. Dr. H. Saidurrahman, M.Ag, disela-sela kesibukannya menyempatkan hadir untuk me-launching 10 Film Dokumenter karya mahasiswa Prodi SI FST UIN SU Medan tersebut. Pada sambutannya Rektor UIN SU Medan, mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi yang tinggi atas hasil karya mahasiswa Prodi SI FST UIN SU Medan. Beliau menyampaikan dalam sejarah UIN SU Medan, baru ini ada mahasiswa UIN SU Medan yang memproduksi Film Dokumenter Sejarah Peradaban Islam. Sehingga karya monumental yang dihasilkan mahasiswa ini harus dipublikasikan kepada khalayak ramai. Karya ini tentunya akan menjadikan FST HEBAT dan kebanggaan bagi UIN SU Medan untuk Lebih JUARA. Kepada semua mahasiwa Rektor UIN SU Medan mengharapkan harus terus rajin belajar, teruslah berinovasi dan berprestasi dalam bidang apapun.

Adapun 10 Film Dokumenter Sejarah Peradaban Islam produksi Mahasiswa Prodi Sistem Informasi FST UIN Sumatera Utara Medan yang telah di-launching oleh Bapak Rektor UIN SU Medan bersama Bapak Dekan FST UIN SU Medan pada tanggal 15 Juni 2017 adalah:

Masjid Sulaimaniyah Pantai Cermin, yang merupakan warisan peninggalan kesultanan Melayu Deli.
Masjid Pasar Bengkok di Kota Medan, yang dibangun pada abad 18 oleh Cong A fie, seorang saudagar Tionghoa yang beragama Budha sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat Islam Deli ketika itu.
Masjid Perjuangan 45, di Jl. H.M Yamin Serdang yang memiliki sejarah terkait perjuangan kemerdekaan Indonesia dalam melawan Belanda
Masjid Raya Bandar Setia, salah satu masjid tertua di wilayahnya yang menjadi pusat aktivitas umat Islam.
Masjid Al Hasanah Gaperta Ujung, Masjid yang dibangun pada awal-awal Kemerdekaan Indonesia.
Masjid Datuk Baiduzzaman di Sunggal yang memiliki sejarah terkait Islam awal di wilayah Medan Sunggal
Sejarah kampung Madras, wilayah kelompok Muslim Tamil Selatan, dengan fokus Masjid Ghaudiyah, Pemakaman dan relasi dengan Kuil Sri Maryaman.
Masuknya Islam di Desa Selamat Sei Biru-biru, Deli Serdang, yakni pada tahun 1950 seiring kedatangan suku jawa di daerah tersebut. kehadiran Islam diikuti dengan pembanguna masjid dan aktivitas keagamaan.
Sejarah Makam Siti Gelombang desa Gelombang Percut Sei Tuan, salah satu makam tertua yang ada di wilayah tersebut sebagai pembawa Islam awal. Makam tersebut memiliki panjang sekitar 3 meter.
Masjid Sulaimaniyah Perbaungan yang berkaitan erat dengan keberadaan kesultanan Melayu Deli.
Untuk versi trailer nya dari 10 Film Dokumenter di atas dapat dilihat secara online pada:

Semoga karya-karya mahasiswa maupun dosen tentunya akan menambah kontribusi yang baik bagi masyarakat, dan tentunya menjadi motivasi buat mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan berdaya cipta. Amin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *