FST UIN SU MEDAN MELAKSANAKAN WORKSHOP KURIKULUM KKNI DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS

Dalam upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Lampirannya yang menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional, juknis Perpres ini Permendikbud no. 73 Tahun 2013

Terbitnya Perpres No. 08 tahun 2012 dan UU PT No. 12 Tahun 2012  Pasal 29 ayat (1), (2), dan (3) telah berdampak pada kurikulum dan pengelolaannya di setiap program. Kurikulum yang pada awalnya mengacu pada pencapaian kompetensi menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes). Secara ringkas KKNI terdiri dari Sembilan level kualifikasi akademik SDM Indonesia.

Pelaksanaan KKNI melalui 8 tahapan yaitu melalui penetapan Profil Kelulusan, Merumuskan Learning Outcomes, Merumuskan Kompetensi Bahan Kajian, Pemetaan LO, Bahan Kajian, Pengemasan Matakuliah, Penyusunan Kerangka kurikulum, Penyusunan Rencana Perkuliahan.

Dalam upaya penerapan Kurikulum berbasis KKNI, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sumatera Utara Medan yang masih berusia 2 tahun mengadakan workshop tentang bagaimana mendesain sebuah kurikulum berbasis KKNI yang baik dan berkualitas.  Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2017 bertempat di Hotel Karibia Medan.

Peserta kegiatan ini adalah para Pimpinan FST dan pengelola dari 5 Program Studi yang ada di FST dan beberapa perwakilan dari asosiasi profesi. Untuk Program Studi Sistem Informasi  dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi serta Dosen Tetap Prodi Sistem Informasi.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor I Bapak Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd.. Pada kesempatan kata sambutannya beliau menyampaikan bahwa terhitung  mulai Semester Ganjil TA. 2017/2018 diberlakukan Kurikulum berbasis KKNI di UIN Sumatera Utara Medan. Dekan FST Bapak Dr. H. M. Jamil, MA, dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa dalam penerimaan mahasiswa baru untuk setiap tahunnya terus meningkat peminatnya untuk dapat kuliah di FST sehinga sangat mengharapkan dukungan dari pihak Rektorat untuk menambah fasilitas, infrastruktur dan tentunya juga penambahan Dosen Tetapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *